Tip dan Trik Mengerjakan Task Crowdflower di Clixsense

Selain banyaknya survey yang tersedia hal lain yang menarik di Clixsense adalah adanya TASK (tugas) atau JOB (pekerjaan) yang bisa kita kerjakan yang bernilai Dollar. Meskipun Task ini susah-susah gampang dalam mengerjakannya, tetap saja saya selalu merindukan saat tidak ada Task yang tersedia.
Secara garis besarnya Task (tugas) atau Job (pekerjaan) di Clixsense adalah suatu perintah atau instruksi yang harus kita ikuti dan lakukan supaya kita mendapatkan bayaran. Task tersebut bisa berupa perintah untuk mencari blog-blog yang melanggar hak cipta atau mencari nama penulis artikel dan sebagainya. Dan jika kita mengikuti semua instruksi dengan baik dan mendapatkan nilai yang bagus maka kita akan mendapatkan bayaran berupa dollar, sebaliknya jika nilai kita di bawah standard maka kita tidak akan mendapatkan bayaran.
Sebenarnya Task tersebut bukanlah Task dari Clixsense melainkan dari CrowdFlower yang mengizinkan member Clixsense untuk mengerjakan Task-Task yang tersedia. Clixsense dalam hal ini berperan sebagai penghubung antara user di Clixsense dengan CrowdFlower. Dan CrowdFlower sendiri memang tidak menyediakan Task bagi para membernya langsung melalui websitenya melainkan melalui situs lain yang bekerja sama dengan Crowdflower seperti Clixsense.


Apa itu CrowdFlower?

CrowdFlower didirikan tahun 2007 oleh Lukas Biewald dan Chris Van Pelt dan bermarkas di Mission District of San Francisco, California. Pertama didirikan dengan nama “Dolores Lab” dan go public tahun 2009 dan pernah menjadi finalis untuk penghargaan TechCrunch50 Award.
CrowdFlower merupakan perusahaan besar internasional yang bekerja di bidang layanan crowdsourcing. yaitu suatu proses untuk mendapatkan pekerjaan atau penghasilan, yang dilakukan secara online, dengan memanfaatkan keramaian atau partisipasi masyarakat. Contoh crowdsourcing yang sudah banyak dikenal adalah Wikipedia. Wikipedia merupakan ensiklopedia online yang memanfaatkan partisipasi masyarakat umum untuk mengisi kontennya tersebut. Masyarakat dapat membagikan informasi, mengedit informasi, dan membuat konten mereka sendiri berdasarkan keinginannya.
Selain Wikipedia, contoh lain yang memanfaatkan konsep crowdsourcing adalah website berbagi foto, Shutterstock. Disini, masyarakat dari berbagai latar belakang, baik professional, amatir, bahkan orang biasa dapat memperjualbelikan karya foto mereka dengan harga sekitar 1-5 USD per gambar/foto. Sama halnya dengan Wikipedia, Shutterstock juga memanfaatkan partisipasi masyarakat luas untuk mengembangkan usahanya.
Dalam hal ini CrowdFlower menghubungkan perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan oleh semua karyawannya dengan orang-orang yang mencari pekerjaan yang mengharapkan bayaran untuk pekerjaan itu secara online.
CrowdFlower merupakan perusahaan yang mengizinkan user dari berbagai negara untuk mengakses pekerjaan online dengan tujuan pengumpulan data. Data tersebut biasanya digunakan oleh para peneliti dan perusahaan-perusahaan besar untuk menganalisa permasalahan tertentu yang mereka tertarik untuk menelitinya. dan sudah lebih dari 1 milyar jenis pekerjaan yang sudah diselesaikan oleh Crowdflower dan lebih dari 5 juta orang telah bergabung menjadi membernya dari seluruh dunia.
Untuk memenuhi tujuan pengumpulan data tersebut CrowdFlower menawarkan pekerjaan kepada para user secara online dengan cara memberikan perintah-perintah yang harus dilakukan oleh para user tersebut (TASK). Dalam mengerjakan TASK ini pun Crowdflower menyaring user yang melakukan TASK dengan menilai setiap tugas yang dikerjakan user dengan akurasi jawaban sebagai nilainya. Jika akurasi jawaban user di bawah 70% dari Task yang diberikan maka user tersebut dinilai gagal dalam mengerjakan Task.

Apa keuntungan mengerjakan TASK?

Selain menambah penghasilan dollar kita di Clixsense, dengan mengerjakan Task peluang kita untuk mendapatkan bonus harian (Daily Bonus) di Clixsense semakin besar. Jika kita mengerjakan 10 Task dalam satu hari maka kita tidak perlu menyelesaikan 1 survey atau pun offers yang lain untuk mendapatkan bonus harian. Dan lebih dari itu dengan mengerjakan Task dari Crowdflower wawasan kita pun semakin bertambah, berdasarkan pengalaman saya selama mengerjakan Task di Crowdflower, Task yang ditawarkan sangat bermanfaat bagi saya dalam menambah wawasan saya.
Task yang ditawarkan biasanya tidak lebih dari 10 perintah atau 10 pertanyaan per 1 Task. Bayaran yang akan kita terima setelah berhasil mengerjakan Task sekitar 1-20 sen ($0,01-$0,20) per Task. Dan rata-rata waktu yang disediakan untuk mengerjakan Task kurang lebih 30-60 Menit per Task, namun biasanya kita bisa mengerjakannya dalam waktu 30 menit saja, saya bahkan pernah mendapatkan Task yang tidak lebih dari 10 menit untuk menyelesaikannya.
Jumlah pertanyaan yang kita kerjakan pada tiap task bergantung pada tiap tingkat kesulitan task. Biasanya makin sulit pekerjaan yang harus kita kerjakan, maka makin sedikit pula jumlah pertanyaannya. dan makin sulit Task yang diberikan maka semakin tinggi pula bayaran yang akan kita terima.
Dan salah satu kekurangan Task CrowdFlower adalah kita harus mengerti bahasa Inggris, karena semua instruksinya menggunakan bahasa Inggris. Tidak seperti survey yang mendukung juga survey-survey berbahasa Indonesia, untuk mengerjakan Task kita harus bisa mengerti bahasa Inggris, minimal mengerti instruksi yang ada pada Task yang sedang kita kerjakan sehingga kita tidak salah dalam mengerjakan Task tersebut.

Cara menjadi member CrowdFlower?

Bagaimana caranya supaya kita bisa mengerjakan Task di Crowdflower dan mendapatkan bayaran? Untuk bisa mengerjakan Task di CrowdFlower kita tidak bisa melakukannya langsung dari situs mereka, tapi kita harus mendaftar terlebih dahulu menjadi user CrowdFlower dan kemudian mengakses TASK dari situs yang bekerja sama dengan CrowdFlower atau biasa di sebut sebagai Crowdflower’s Channel Partner websites, yaitu situs yang mengelola (menghosting) Task dari CrowdFlower dan mengatur pula masalah pembayaran dari Task yang dikerjakan para membernya, dan salah satu contohnya adalah Clixsense.
Untuk mendaftar sebagai member di CrowdFlower ikuti langkah-langkah berikut:

1. Daftar menjadi member Crowdflower
Klik link berikut untuk masuk ke form pendaftaran member CrowdFlower
Daftar Member CrowdFlower
Akan muncul tab baru pada browser anda dengan tampilan seperti gambar berikut:
crowdflower-signup
Pastikan alamat email yang anda isi sama dengan alamat email akun Facebook anda. Anda harus punya akun Facebook untuk bisa mengerjakan Task CrowdFlower karena nantinya saat kita akan mengerjakan Task kita harus login dengan akun Facebook kita. 
2. Verifikasi Akun CrowdFlower
Setelah anda mengisi semua data anda dan menekan tombol Create My Free Account, CrowdFlower akan mengirim email ke akun email anda untuk verifikasi. Masuklah ke akun email anda dan cari email dari CrowdFlower kemudian KLIK-lah link Verify My Account yang ada di email tersebut.
Crowdflower-verify
Setelah anda meng-KLIK link untuk verifikasi akun anda seperti gambar di atas, tab baru akan muncul di browser anda yang menunjukan bahwa akun anda sudah terverifikasi.
Selamat! Sekarang anda sudah punya akun di CrowdFlower dan siap Login untuk mengerjakan Task. Sekarang loginlah ke CrowdFlower melalui Clixsense, caranya:

1. Login ke Clixsense
Setelah anda login ke Clixsense dan berada di member area, pilihlah menu Task seperti gambar di bawah:
clixsense-tasks
Seperti terlihat pada gambar di bawah telah tersedia Task yang bisa anda kerjakan untuk mendapatkan dollar dari Clixsense. Pilihlah salah satu Task tersebut dan anda akan diminta untuk login ke akun CrowdFlower anda.

2. Login ke CrowdFlower
Pada form login tersebut masukan alamat email anda di CrowdFlower kemudian KLIK tombol Sign In with Facebook.
Akan muncul jendela baru pada browser yang meminta anda untuk login ke akun Facebook seperti gambar di bawah. Masukan alamat email anda di Facebook kemudian KLIK tombol Masuk.
crowdflower-signinfb
Setelah anda berhasil login ke akun Facebook, anda akan langsung di bawa ke tampilan workspace CrowdFlower sesuai dengan Task yang anda pilih tadi.

Cara Mengerjakan TASK

Saat anda berhasil login di CrowdFlower setelah memilih Task yang ingin anda kerjakan, anda akan masuk ke workspace seperti gambar di bawah:
Crowdflower-workspace
Keterangan:
1. Panel nomor #1
Di panel ini terdapat informasi mengenai mode Task yang sedang anda kerjakan, jumlah Task yang telah anda selesaikan, akurasi nilai Task yang telah anda selesaikan, nilai bayaran per Task-nya.
Quiz Mode: Merupakan sesi test question sebelum anda masuk ke sesi Work Mode. Jika anda berada di Quiz Mode Task yang anda kerjakan tidak akan dibayar, karena Quiz Mode merupakan sesi test apakah anda memenuhi syarat atau tidak untuk mengerjakan Task sesungguhnya, karena itu kerjakan Task yang ada pada Quiz Mode ini dengan baik supaya anda bisa mengerjakan Task pada sesi Work Mode sehingga anda akan dibayar dollar setelah berhasil mengerjakan Task tersebut.
Work Mode: Merupakan sesi pengerjaan Task sesungguhnya di mana anda akan dinilai saat mengerjakan Task saat itu dan jika akurasi pengerjaan Task anda lebih dari 70% maka anda akan mendapatkan bayaran dan bisa mengerjakan Task-Task selanjutnya.
2. Panel nomor #2
Merupakan judul atau nama Task yang sedang kita kerjakan. “Help Us Identify Articles”, Task ini berisi tugas untuk mengidentifikasi apakah sebuah website yang nanti akan ditampilkan merupakan artikel atau bukan.
3. Panel nomor #3
Merupakan instruksi dari Task yang sedang anda kerjakan. Menjelaskan apa yang harus anda lakukan supaya mendapatkan akurasi nilai yang bagus. Bacalah dengan baik petunjuk tersebut sampai anda benar-benar memahaminya, karena terkadang instruksi yang ada bisa membuat kita bingung jika kita tidak memahaminya dengan baik.
4. Panel nomor #4
Jika anda butuh bantuan KLIK-lah tombol Help
5. Panel nomor #5
Give up artinya anda berhenti dari Task yang sedang anda kerjakan. Jika anda merasa Task yang sedang anda kerjakan terlalu sulit atau belum mengerti dengan baik petunjuknya dan merasa akan mendapatkan akurasi nilai yang jelek, sebaiknya KLIK tombol ini.
Tenang saja, jika anda meng-KLIK tombol Give Up nilai anda sebelumnya tidak akan terkena pengaruh apa-apa, dan juga tidak akan mempengaruhi Level anda di CrowdFlower.
6. Panel nomor #6
Informasi waktu untuk anda menyelesaikan Task. Jika waktu ini telah habis dan anda belum selesai mengerjakan Task atau anda menyelesaikan Task setelah waktunya habis, maka Task anda tidak akan dinilai dan anda akan diminta untuk mengulangnya lagi dari awal, dan timernya pun akan kembali lagi dari awal.
7. Panel nomor #7
Berisi informasi mengenai akun anda di CrowdFlower, di tombol ini juga anda bisa mengedit Profile dan akun anda atau masuk ke Dashboard untuk melihat jumlah Task yang telah anda selesaikan dan akurasi nilai dari seluruh Task yang telah anda selesaikan.

Masih ada pertanyaan?

Jika anda masih punya pertanyaan yang tidak ada jawabannya di artikel ini silakan KLIK link berikut untuk mencari panduan detail di situs resmi CrowdFlower (anda harus login dulu menggunakan akun anda di CrowdFlower untuk bisa masuk ke link ini).
Dan berikut jawaban bagi pertanyaan yang mungkin anda miliki saat ini:
Kenapa saya tidak bisa login ke CrowdFlower?
Pertama-tama ingatlah 3 hal ini:
1. Anda harus memiliki akun CrowdFlower dan akun Facebook
2. Alamat email akun anda di CrowdFlower dan Facebook harus sama
3. Task CrowdFlower tidak bisa dikerjakan langsung dari situs CrowdFlower, tapi harus login ke member area di ClixSense dan memilih menu Task
Setelah anda memahami hal tersebut di atas, buatlah akun Facebook dan CrowdFlower dengan menggunakan satu alamat email yang sama. 
Setelah anda berhasil membuat akun di Facebook dan CrowdFlower, dan telah mendapatkan konfirmasi bahwa akun anda telah aktif dan bisa digunakan, silakan login ke ClixSense dan masuklah ke menu Task untuk mencari Task yang bisa anda kerjakan.
Kenapa tidak ada TASK untuk saya?
Task di CrowdFlower tidak setiap saat tersedia, karena itu sering-seringlah mengecek menu Task dan me-Refresh halaman ini, dan jika tersedia Task segeralah kerjakan Task tersebut dan dapatkan akurasi nilai yang bagus supaya kesempatan anda untuk mendapatkan Task selanjutnya semakin besar dan level anda di CrowdFlower pun semakin bagus (sampai level 3). Dan semakin tinggi level kita akan semakin besar pula bayaran dollar per Task nya.
Kenapa jumlah TASK saya perhitungannya BEDA?
Jumlah Task yang kita selesaikan di CrowdFlower akan berbeda dengan jumlah Task di Clixsense, hal ini karena perbedaan informasi bayaran per Task antara Clixsense dengan CrowdFlower, jika di CrowdFlower informasi bayaran per Task nya $.0.01 sedangkan di CrowdFlower $0.005, sehingga hasilnya tidak akan sama.
Intinya kita akan dihitung telah berhasil mengerjakan 1 Task di Task History Clixsense jika kita telah selesai mengerjakan 2 Task di CrowdFlower. Jadi untuk mendapatkan hitungan telah berhasil mengerjakan 1 Task di Daily Checklist Bonus Clixsense kita harus menyelesaikan 2 Task.
Dimana saya bisa menemukan Contributor ID dan JOB ID?
Masuklah ke menu Help di workspace saat anda sedang mengerjakan Task, di sana anda akan menemukan Contributor ID dan Job ID. Contributor ID adalah nomor ID anda di CrowdFlower, merupakan nomor identitas untuk membedakan akun kita dari member yang lain sedangkan Job ID adalah nomor ID dari Task yang sedang kita kerjakan.

Butuh Bantuan?

Jika masih belum menemukan jawaban bagi pertanyaan anda silakan ajukan pertanyaan langsung ke CrowdFlower dengan mengajuan Ticket. Caranya KLIK menu Help kemudian KLIK menu File a Ticket.
Kemudian akan muncul tampilan untuk menuliskan pertanyaan anda sebagai berikut:
Crowdflower-file-aticket
Silakan sampaikan pertanyaan anda pada kolom yang tersedia seperti gambar di atas. Pilihlah topik dari pertanyaan anda pada kolom yang bertuliskan General Question dan tuliskan subjek-nya pada kotak Subject, dan jika anda inggin mengirimkan juga file atau gambar untuk melengkapi pertanyaan anda silakan pilih tombol Choose File. Setelah semuanya anda isi dengan lengkap KLIK-lah tombol Send untuk mengirimkan pertanyaan anda.
Jika pertanyaan anda sudah diterima oleh Admin CrowdFlower, biasanya tidak memakan waktu lama untuk menerima jawaban dari mereka mengenai pertanyaan anda.

Kontes Task

Sebelum mengakhiri artikel ini saya ingin menyampaikan bahwa setiap minggu ada hadiah atau bonus bagi mereka yang mengerjakan Task paling banyak. Dan bonusnya pun lumayan besar, yaitu $100 bagi 10 pemenang dengan rincian seperti gambar di bawah:
Kontes Task ini berlaku setiap minggu dan dihitung mulai dari hari Senin sampai hari Minggu. Member yang paling banyak mengerjakan Task selama 1 minggu akan menjadi pemenang pertama dengan hadiah $50.
Kontes ini berlaku tiap minggu, jadi dalam 1 bulan akan terdapat 40 pemenang dari kontes ini. Memang susah untuk mendapatkan hadiah ini dan saya pun belum pernah mendapatkannya tapi cobalah terus menyelesaikan Task anda dengan baik, siapa tahu anda beruntung menjadi pemenangnya.
Salam SUKSES!!!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tip dan Trik Mengerjakan Task Crowdflower di Clixsense"

Posting Komentar